Rabu, 23 Februari 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas

Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian sejarah.
2. Menjelaskan kegunaan sejarah.
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit

B. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :
1. Siswa mampu mendeskripsikan pengertian sejarah.
2. Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri utama sejarah.
3. Siswa mampu mendeskripsikan kegunaan sejarah.

C. Materi Ajar :
1. Pengertian sejarah.
2. Kegunaan sejarah.

D. Metode Pembelajaran :
1. Kombinasi Metode Pembelajaran.

E. Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah Pembelajaran :
. Kegiatan awal :
A. Apersepsi : Guru memperkenalkan mata pelajaran sejarah kepada siswa dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya.

B. Motivasi :
 memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah.
1. Mendeskripsikan pengertian sejarah.
2. Mendeskripsikan ciri-ciri utama sejarah.
3. Mendeskripsikan kegunaan sejarah.
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.



B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Siswa mampu mendeskripsikan pengertian sejarah.
2. Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri utama sejarah.
3. Siswa mampu mendeskripsikan kegunaan sejarah.
4. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
5. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Refleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :
1. Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis
2. Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :
Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.


F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

G. Penilaian : Butir soal.

1. Jelaskanlah pengertian sejarah ?.
2. Jelaskanlah ciri-ciri utama sejarah ?.
3. Jelaskanlah kegunaan sejarah bagi bangsa Indonesia ?.



Mengetahui Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas
Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian sumber, bukti dan fakta sejarah.

B. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :
1. Siswa mampu mendeskripsikan sumber-sumber yang mendukung sejarah.
2. Siswa mampu menganalisis bukti-bukti terjadinya suatu peristiwa sejarah.
3. Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis fakta-fakta sejarah.

C. Materi Ajar :
Pengertian, sumber dan fakta sejarah.

D. Metode Pembelajaran :
Kombinasi Metode Pembelajaran.

E. Langkah-langkah Pembelajaran :

1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi :
Guru memperkenalkan mata pelajaran sejarah kepada siswa dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya.

B. Motivasi :
Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah.
2. Mendeskripsikan sumber-sumber yang mendukung sejarah.
3. Menganalisis bukti-bukti terjadinya suatu peristiwa sejarah.
4. Mendeskripsikan dan menganalisis fakta-fakta sejarah.
5. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.
6. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
7. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Mendeskripsikan sumber-sumber yang mendukung sejarah.
2. Menganalisis bukti-bukti terjadinya suatu peristiwa sejarah.
3. Mendeskripsikan dan menganalisis fakta-fakta sejarah.

4. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
5. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Refleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :
Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :
Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.

F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.


G. Penilaian : Butir soal.
1. Jelaskanlah pengertian sejarah ?.
2. Jelaskanlah ciri-ciri utama sejarah ?.
3. Jelaskanlah kegunaan sejarah bagi bangsa Indonesia ?.







Mengetahui Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


A. Identitas
Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.
Indikator : 1. Menjelaskan peristiwa, peninggalan sejarah dan monumen
peringatan peristiwa bersejarah yang ada disekitarnya.

I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :
1. Mendeskripsikan peristiwa bersejarah yang telah terjadi.
2. Menganalisis peninggalan-peninggalan bersejarah.
3. Mendeskripsikan monument bersejarah yang ada disekitarnya

II. Materi Ajar :
Peristiwa, peninggalan sejarah, monunmen peringatan peristiwa bersejarah.

III. Metode Pembelajaran :
Kombinasi Metode Pembelajaran.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :

1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta
menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan.
B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas
lagi tentang dasar-dasar penelitian sejarah.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah.
a. Mendeskripsikan peristiwa bersejarah yang telah terjadi.
b. Menganalisis peninggalan-peninggalan bersejarah.
c. Mendeskripsikan monumen bersejarah yang ada disekitarnya
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Mendeskripsikan peristiwa bersejarah yang telah terjadi.
2. Menganalisis peninggalan-peninggalan bersejarah.
3. Mendeskripsikan monument bersejarah yang ada disekitarnya
4. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
5. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Repleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :
C. Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :
D. Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.


F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.


VI. Penilaian : Butir soal.
1. Sebutkanlah beberapa peristiwa sejarah yang telah terjadi ?.
2. Sebutkanlah beberapa peninggalan bersejarah di daerah sekitarmu ?
3. Jelaskanlah sebab-sebab didirikannya monument bersejarah yang ada disekitarmu?







Mengetahui Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas :
Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.
Indikator : 1. Menyusun periodisasi, kronologi, kronik dan historiografi
dalam sejarah.

B. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :
1. Mendeskripsikan periodisasi dalam sejarah.
2. Mendeskripsikan kronologi dalam sejarah.
3. Mendeskripsikan kronik dalam sejarah.
4. Mendeskripsikan historiografi dalam sejarah.

C. Materi Ajar :
Periodisasi, kronologi, kronik dan historiografi dalam sejarah Indonesia.

D. Metode Pembelajaran :
Kombinasi Metode Pembelajaran.

E. Langkah-langkah Pembelajaran :

1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta
menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan.
B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas
lagi tentang dasar-dasar penelitian sejarah.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang :
1. Mendeskripsikan periodisasi dalam sejarah.
2. Mendeskripsikan kronologi dalam sejarah.
3. Mendeskripsikan kronik dalam sejarah.
4. Mendeskripsikan historiografi dalam sejarah.
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Siswa mampu mendeskripsikan periodisasi dalam sejarah.
2. Siswa mampu mendeskripsikan kronologi dalam sejarah.
3. Siswa mampu mendeskripsikan kronik dalam sejarah.
4. Siswa mampu mendeskripsikan historiografi dalam sejarah.
5. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
6. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Repleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :
E. Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :
F. Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.


F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.


G. Penilaian : Butir soal.

1. Apakah tujuan dilaksanakan periodisasi dalam sejarah ?
2. Apakah manfaat pembuatan kronologi dalam sejarah ?
3. Apakah yang dimaksud dengan kronik dalam sejarah ?
4. Apakah yang dimaksud dengan historiografi dalam sejarah ?








Mengetahui Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas :
Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat
Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
Indikator : 1. Mengidentifikasi cara masyarakat mewariskan masa lalu.

B. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :
1. Mengidentifikasi cara masyarakat mewariskan masa lalu.

C. Materi Ajar :
1. Tradisi sejarah pada masyarakat pra-aksara.

D. Metode Pembelajaran :
1. Kombinasi Metode Pembelajaran.

E. Langkah-langkah Pembelajaran :

1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi : Guru mengingatkan kepada siswa tentang materi pelajaran minggu
lalu. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang
akan diajarkannya.

B. Motivasi :
memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang jejak-jejak masa lampau dan lebih aktif lagi untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang cara masyarakat mewariskan masa lalu.
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Siswa mampu mengidentifikasi cara masyarakat mewariskan masa lalu.
2. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
3. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.


C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Repleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :
Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :
Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.



F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

G. Penilaian : Butir soal.
1. Jelaskanlah cara-cara keluarga di dalam mewariskan masa lalu ?
2. Jelaskan cara-cara masyarakat di dalam mewariskan masa lalu ?
3. Mengapakah ceritera-ceritera rakyat merupakan salah satu cara untuk mewariskan masa lalu ?




Mengetahui Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto











Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas
Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Pertemuan ke : 6
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat
Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.

Indikator : 1. Mengidentifikasi tradisi sejarah pada masa pra aksara.

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan tradisi sejarah pada masa pra aksara.

B. Materi Ajar :
Jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah di Indonesia.

C. Metode Pembelajaran :
Kombinasi Metode Pembelajaran.

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi :
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan.
B. Motivasi :
Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang tradisi sejarah pada masyarakat pra aksara.
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Siswa mampu mendeskripsikan tradisi sejarah masyarakat Indonesia pada masa pra aksara.
2. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat- pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
3. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Repleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :
Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :
Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.



F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

G. Penilaian : Butir soal.
1. Jelaskanlah tradisi sejarah pada masyarakat pra aksara dengan tari-tarian daerah ?
2. Jelaskanlah tradisi sejarah pada masyarakat pra aksara dengan upacara daerah ?
3. Jelaskanlah tradisi sejarah pada masyarakat pra aksara dengan lagu-lagu daerah ?
4. Jelaskanlah tradisi sejarah pada masyarakat pra aksara dengan alat-alat ?







Mengetahui Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas :
Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Pertemuan ke : 7
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat
Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
Indikator : 1. Mendeskripsikan definisi folklore.
2. Mendeskripsikan definisi mitologi.

B. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :
1. Mendeskripsikan jejak sejarah lisan melalui folklore.
2. Mendeskripsikan jejak sejarah lisan melalui mitologi.
3. Mendeskripsikan jejak sejarah lisan melalui dongeng.
4. Mendeskripsikan jejak sejarah lisan melalui legenda.

C. Materi Ajar :
Jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah di Indonesia.

D. Metode Pembelajaran :
Kombinasi Metode Pembelajaran.

E. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi :
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan.

B. Motivasi :
Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang jejak-jejak sejarah melalui folklore, mitologi, dongeng, legenda.
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Siswa mampu mengidentifikasi jejak-jejak sejarah melalui folklore, mitologi, dongeng, legenda.
2. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat- pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
3. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Repleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.


F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

G. Penilaian : Butir soal.
1. Apakah yang dimaksud dengan folklore ?
2. Apakah yang kalian ketahui tentang mitologi ?
3. Mengapakah dongeng dapat dijadikan sebagai bahan kajian sejarah ?
4. Sebutkan beberapa legenda yang kalian ketahui ?




Mengetahui Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto












Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas :
Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Pertemuan ke : 8
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat
Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
Indikator : 1. Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari
berbagai daerah Indonesia dalam bentuk mitos.

B. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :
1. Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah Indonesia dalam bentuk folklore.
2. Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah Indonesia dalam bentuk mitologi.
3. Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah Indonesia dalam bentuk dongeng.
4. Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah Indonesia dalam bentuk legenda.

C. Materi Ajar :
Jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah di Indonesia.

D. Metode Pembelajaran :
Kombinasi Metode Pembelajaran.

E. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi :
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan.

B. Motivasi :
memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang jejak-jejak sejarah melalui folklore, mitologi, dongeng, legenda.
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Siswa mampu mengklasifikasi jejak sejarah melalui folklore, mitologi, dongeng, legenda.
2. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat- pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
3. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Repleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :
Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :
Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.



F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

G. Penilaian : Butir soal.
1. Sebutkanlah jenis-jenis folklore ?
2. Sebutkanlah beberapa judul mitologi yang kalian ketahui dari wilayah Indonesia ?
3. Apakah perbedaan antara dongeng dengan mitologi ?
4. Apakah yang kalian ketahui tentang legenda ?



Mengetahui Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas :
Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Pertemuan ke : 9
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.
Indikator : 1. Mendeskripsikan nilai, norma dan tradisi yang diwariskan
dalam mitologi Indonesia.

B. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :
1. Mendeskripsikan nilai yang diwariskan dalam mitologi Indonesia.
2. Mendeskripsikan norma yang diwariskan dalam mitologi Indonesia.
3. Mendeskripsikan tradisi yang diwariskan dalam mitologi Indonesia.

C. Materi Ajar :
Nilai, norma dan tradisi yang diwariskan di dalam sejarah lisan Indonesia.

D. Metode Pembelajaran :
Kombinasi Metode Pembelajaran.

E. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi :
Guru mengingat kepada siswa tentang pelajaran minggu lalu dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya.

B. Motivasi :
Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang sudah mengenal tulisan.dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang nilai, norma dan tradisi yang diwariskan di dalam sejarah lisan Indonesia.
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Siswa mampu mendeskripsikan nilai, norma dan tradisi yang diwariskan dalam sejarah lisan Indonesia.
2. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
3. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.


D. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Repleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :
Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :
Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.


F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

G. Penilaian : Butir soal.
1. Jelaskanlah dan berilah contoh-contoh nilai yang diwariskan di dalam sejarah lisan Indonesia ?
2. Jelaskan dan berilah contoh-contoh norma yang diwariskan di dalam sejarah lisan Indonesia ?
3. Jelaskan dan berilah contoh-contoh tradisi yang diwariskan di dalam sejarah lisan Indonesia ?




Mengetahui Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas :
Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Pertemuan ke : 10
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat
Indonesia masa pra aksara dan masa aksara.
Indikator : 1. Mengidentifikasi cara masyarakat pada masa aksara
mewariskan masa lalu melalui tutur.
2. Mengidentifikasi cara masyarakat pada masa aksara
mewariskann masa lalu melalui tulisan.

B. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :
1. Mengidentifikasi cara masyarakat pada masa aksara mewariskan masa lalu melalui tutur.
2. Mengidentifikasi cara masyarakat pada masa aksara mewariskan masa lalu melalui tulisan.

C. Materi Ajar :
Tradisi sejarah masyarakat pada masa aksara.

D. Metode Pembelajaran :
Kombinasi Metode Pembelajaran.

E. Langkah-langkah Pembelajaran :

1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi :
Guru mengingat kepada siswa tentang pelajaran minggu lalu dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya.

B. Motivasi :
memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang sudah mengenal tulisan.dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajara tentang tradisi sejarah masyarakat pada masa aksara.
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Siswa mampu mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat pada masa aksara.
2. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
3. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Refleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.



F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

G. Penilaian : Butir soal.
1. Bagaimanakah cara masyarakat mewariskan masa lalu melalui tutur ?
2. Bagaimanakah cara masyarakat mewariskan masa lalu melalui tulisan ?




Mengetahui Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto








Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas :
Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Pertemuan ke : 11
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.
Indikator : 1. Menjelaskan tentang prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.

B. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :
1. Mendeskripsikan tahap-tahap penelitian sejarah.
2. Mendeskripsikan heuristic dalam sejarah.
3. Mendeskripsikan verifikasi dalam sejarah.
4. Mendeskripsikan interpretasi dalam sejarah
5. Mendeskripsikan sumber-sumber sejarah.

C. Materi Ajar :
Prinsip sebab-akibat dalam kajian sejarah

D. Metode Pembelajaran :
Kombinasi Metode Pembelajaran.

E. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi :
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan.
B. Motivasi :
Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Siswa mampu menganalisis tentang prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.
2. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
3. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3. Kegiatan akhir.
A. Refleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :
Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :
Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.


F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

G. Penilaian : Butir soal.
1. Jelaskanlah tahap-tahap penelitian sejarah ?
2. Apakah yang dimaksud dengan heuristik dalam sejarah ?.
3. Apakah yang dimaksud dengan verifikasi dalam sejarah ?.
4. Apakah yang dimaksud dengan interpretasi dalam sejarah ?.
5. Sebutkanlah sumber-sumber sejarah yang menjadi bukti suatu peristiwa bersejarah ?.



Mengetahui Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto












Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas
Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Pertemuan ke : 12
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.
Indikator : 1. Menerapkan prinsip sebab-akibat dalam penelitian sejarah
lisan.

B. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :
Menerapkan prinsip sebab-akibat dalam penelitian sejarah lisan.

II. Materi Ajar :
Prinsip sebab-akibat dalam kajian sejarah.

III. Metode Pembelajaran :
Kombinasi Metode Pembelajaran.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi :
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan.
B. Motivasi :
Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang prinsip sebab-akibat dalam penelitian sejarah lisan.
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Siswa mampu menerapkan prinsi-prinsip sebab akibat dalam penelitian sejarah lisan.
2. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
3. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Refleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :
Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :
Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.


F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

G. Penilaian : Butir soal.
1. Jelaskanlah prinsip sebab akibat dalam penelitian sejarah ?
2. Jelaskan sebab-sebab dilakukan penelitian sejarah ?
3. Apakah akibat dari dari penelitian sejarah ?



Mengetahui, Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran,







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto.

















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah : SMA Yos Sudarso
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : X / 1
Pertemuan ke : 13
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.
Indikator : 1. Menerapkan prinsip kronologis dalam penelitian sejarah

I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :
1. Menerapkan prinsip kronologi dalam penelitian sejarah
2. Menjelaskan prinsip kronologi sangat diperlukan dalam penelitian sejarah.

II. Materi Ajar :
Prinsip kronologis dalam kajian sejarah.

III. Metode Pembelajaran :
Kombinasi Metode Pembelajaran.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi :
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan.
B. Motivasi :
Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia.

2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
1. Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang prinsip kronologi dalam penelitian sejarah.
2. Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.
3. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
4. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B. Konsolidasi Pembelajaran :
1. Siswa mampu menerapkan prinsip kronologis dalam penelitian sejarah.
2. Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
3. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
1. Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
2. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
A. Refleksi :
1. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya

B. Penilaian :
Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.

C. Penugasan :
Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.


F. Sumber belajar :
Sumber :
1. Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
2. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.
3. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

G. Penilaian : Butir soal.
1. Mengapa prinsip kronologi sangat diperlukan dalam penelitian sejarah ? jelaskan
2. Apakah akibat dari dari penelitian sejarah ?




Mengetahui, Cilacap, Juli 2010
Kepala SMA Yos Sudarso Cilacap Guru Mata Pelajaran,







Drs. Albertus Suwandi Drs. Agustinus Purwanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar