Ini adalah permainan seperti dalam Kuis SATU LAWAN SERATUS di TV swasta,
tetapi dengan modifikasi untuk pembelajaran dengan peserta siswa satu kelas
Dalam pelaksanaannya, guru hanya sebagai pendamping.
Presenter diperankan oleh salah seorang siswa yang memiliki suara cukup lantang, yang akan dibantu oleh satu siswa sebagai pencatat nilai di papan tulis
SATU siswa dipilih untuk menjadi peserta, yang akan melawan teman2 sekelasnya
Keterangan :
Soal yang dibacakan oleh Presenter sudah diberi kunci jawabannya ( Cetak tebal )
1. Secara etimologis, sejarah berasal dari bahasa Arab yang berarti ………….
a. Tarikh
b. Pohon
2. Tafsiran tentang hubungan yang dianggap ada antara peristiwa satu dengan peristiwa lain, dalam bahasa Belanda dinamakan ………..
a. Komentaar
b. Kroniek
3. “Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia”
Pernyataan ini dikemukakan oleh ………………….
a. Herodotus
b. Plato
4. Warga dari bangsa Yunani yang dianggap sebagai the father of history adalah ………….
a. Plato
b. Herodotus
5. Yang menjadi obyek sejarah adalah ……….
a. Kejadian-kejadian di masa lalu
b. Peninggalan-peninggalan kuno
6. Kata sejarah dalam bahasa Inggris adalah History, yang artinya ………….
a. Waktu
b. Ilmu
7. Tokoh penganjur sejarah sebagai seni adalah ……………
a. Auguste Comte
b. George Macauly Travelyan
8. Belajar sejarah adalah belajar masa lampau, yang dipelajari pada masa kini untuk masa depan, sehingga orang menjadi …………………….
a. Bijaksana
b. Kagum
9. Yang dimaksud dengan sejarah sebagai peristiwa adalah peristiwa masa lampau yang menimbulkan perubahan sebagai akibat dari ………………
a. Bencana alam
b. Ulah manusia
10. Tujuan dari konsep periodisasi dalam ilmu sejarah adalah …………….
a. Mengelompokkan peristiwa-peristiwa sejarah
b. Mempermudah pemahaman sejarah
11. Sejarah dapat menjadi penghubung antara generasi sekarang dengan generasi sebelumnya melalui ……
a. Kisah-kisahnya
b. Peninggalan-peninggalannya
12. Apabila kita membaca kisah sejarah, kita menjadi terpukau, berarti sejarah telah memberikan kita rasa ………..
a. Empati
b. Simpati
13. Sejarah mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia sebagai makluk sosial. Perubahan yang terjadi secara cepat dan mendasar disebut ………
a. Evolusi
b. Revolusi
14. Ilmu bantu yang khusus mempelajari naskah-naskah kuno disebut …………
a. Epigrafi
b. Filologi
15. Daftar tahun dan peristiwa sejarah sebelum diteliti dan diurutkan sesuai dengan waktu kejadiannya disebut ……………
a. Kronik
b. Artefak
16. Dokumen naskah Proklamasi 17 Agustus 1945 pada hakekatnya merupakan …………
a. Bukti sejarah
b. Fakta sejarah
17. Cara penentuan usia suatu benda peninggalan budaya berdasarkan lapisan tanah disebut ……
a. Stratigrafi
b. Tipologi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar