Rabu, 08 Agustus 2012

Bank Soal Hindu Budha dan Islam




1.      Perhatikan pernyatan berikut ini.
Teori Sudra menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh orang-orang India yang berkasta Sudra, karena mereka dianggap sebagai orang-orang buangan.
 (I Wayan Badrika, 2003 : 66)
Kelemahan teori tersebut adalah bahwa ... .
A.     kasta yang lebih banyak melakukan kontak dengan bangsa Indonesia adalah kasta Ksatria melalui jalur perdagangan
B.      agama Hindu bukan agama yang demokratis, hanya kasta Brahmana yang berhak dan mampu menyiarkan agama Hindu
C.     para pendiri kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu di Indonesia adalah para pedagang India yang menetap (kasta Waisya)
D.     para penyebar agama Hindu di Indonesia adalah orang Indonesia yang pernah belajar agama Hindu di Cina
E.      kasta Sudra merupakan kasta yang diperbolehkan untuk mempelajari dan mengajarkan agama Hindu

2.      Perhatikan argumen berikut ini :
1.      Agama Hindu bukan agama yang demokratis, karena urusan keagamaan menjadi monopoli kaum Brahmana.
2.      Prasasti Indonesia yang pertama berbahasa Sansekerta, sedangkan di India sendiri bahasa itu hanya digunakan dalam kitab suci dan upacara keagamaan.
(I Wayan Badrika, 2003 : 7)
Argumen tersebut menguatkan hipotesis masuknya agama dan budaya Hindu ke Indonesia, yaitu teori ... .
A.     Arus Balik
B.      Sudra
C.     Waisya
D.     Ksatria
E.      Brahmana

3.      Kontak budaya Indonesia dengan budaya India diawali dengan  ... .
A.     datangnya kaum Brahmana untuk menyebarkan agama Hindu di Indonesia
B.      ramainya jalur perdagangan internasional antara India-Indonesia-Cina
C.     penyebaran struktur bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa di Indonesia
D.     masuknya agama dan kebudayaan India (Hindu - Budha) ke Indonesia
E.      hubungan politik dari kerajaan di Indonesia dengan kerajaan di India

4.      Dalam proses penyebaran agama Hindu ke Indonesia, tidak pernah ditemukan kerajaan yang didirikan oleh sekelompok bangsawan India. Dengan demikian melemahkan isi hipotesis ... .
A.       Sudra                                                            D.   Brahmana
B.        Waisya                                                         E.    Arus Balik
C.        Ksatria

5.      Wujud akulturasi kebudayaan Indonesia Hindu dalam seni sastra tampak pada ... .
A.     munculnya tokoh punakawan dalam kisah Mahabarata
B.      adanya berbagai jenis wayang dalam budaya Indonesia
C.     candi sebagai tempat pemujaan dewa dan nenek moyang
D.     cerita pada relief-relief yang terpahat di bangunan candi
E.      kisah tentang Hanoman/kera putih dalam kisah Ramayana

6.      Salah satu wujud akulturasi budaya Budha dengan budaya Indonesia tampak pada bangunan Candi Borobudur yang merupakan akulturasi antara stupa dengan ... .
A.     punden berundak-undak                             
B.      tugu pemujaan nenek moyang                     
C.     bentuk bunga teratai raksasa
D.   seni patung dan relief Indonesia
E.    kisah hidup Sidharta Gautama

7.      Salah satu bukti bahwa corak keagamaan kerajaan Kutai adalah Hindu-Siwa yaitu penemuan ...
A.     bangunan istana bercorak Hindu-Siwa
B.      sejumlah patung Siwa ukuran besar
C.     kitab-kitab Weda berhuruf Pallawa
D.     nama raja pertama yaitu Kundunga
E.      istilah waprakesywara  dalam yupa

8.      Manakah pernyataan berikut ini yang mengungkapkan kehidupan sosial pada kerajaan Kutai ?
A.     Sering mendapat kunjungan pedagang asing.
B.      Rawan bencana karena berada di tepi sungai.
C.     Mata pencaharian utama adalah perdagangan.
D.     Stratifikasi masyarakat didasarkan pada kasta.
E.      Masyarakatnya hidup makmur namun sederhana.

9.      Apa bukti bahwa kerajaan Tarumanegara bercorak Hindu-Wisnu ?
A.     Patung-patung dewa Wisnu.                        D.   Kitab-kitab suci (Weda).
B.      Bangunan bergaya Wisnu.                            E.    Isi dari prasasti yang ada.
C.     Candi-candi dewa Wisnu.

10.  Kerajaan Kutai disepakati para ahli sejarah sebagai awal masa sejarah Indonesia karena pada kerajaan tersebut ... .
A.       telah digunakan alat tulis yang terbuat dari bulu unggas.
B.        ditemukan adanya pengaruh India (Agama Hindu-Syiwa).
C.        terjadi peralihan masa food gathering ke food producing.
D.       terdapat batu bertulis (yupa/prasasti) tertua di Indonesia.
E.        digunakan tulisan/huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta.

11.  Berdasarkan isi prasasti Tugu, beberapa sejarawan menyimpulkan bahwa ibukota Kerajaan Tarumanegara terdapat di kota … .
A.   Banten                                                          D.   Bogor
B.    Batavia                                                         E.    Bekasi
C.    Bandung

12.  Corak keagamaan kerajaan Sriwijaya adalah ... .
A.     Budha                                                           D.   Hindu - Wisnu
B.      Tantrayana                                                   E.    Hindu - Syiwa
C.     Hindu - Brahma

13.  Mengapa di wilayah Sriwijaya tidak ditemukan candi Budha yang besar padahal Sriwijaya pernah menjadi pusat agama Budha ? Di antaranya karena ... .
A.     ajaran agama Budha tidak mengharuskan mendirikan candi
B.      kondisi alam Sriwijaya tidak mendukung berdirinya candi
C.     majunya pelayaran dan perdagangan kerajaan Sriwijaya
D.     penduduknya mayoritas bermata pencaharian nelayan
E.      letak Sriwijaya yang strategis pada jalur perdagangan

14.  Peninggalan penting dari kerajaan Mataram Kuno yang harus kita tiru saat ini adalah ... .
A.     pembangunan candi-candi yang megah
B.      pembuatan prasasti-prasasti kerajaan
C.     penyusunan daftar raja-raja Mataram
D.     kerja sama raja dengan para biksu
E.      toleransi yang kuat antar umat beragama

15.  Masyarakat kerajaan Mataram pada umumnya bermata pencaharian sebagai ... .
A.     pegawai                                                        D.   pedagang
B.      pemburu                                                        E.    nelayan
C.     petani

16.  Perhatikan pernyataan berikut ini !
  Kerajaan Kediri runtuh karena terjadi pertempuran antara pasukan Kediri dengan pasukan Tumapel di bawah pimpinan Ken Arok yang dibantu oleh kaum brahmana. ”
       Mengapa kaum brahmana membantu pasukan Tumapel ? Karena ... .
A.     kaum brahmana tidak puas terhadap bantuan raja
B.      terjadi penindasan pada kasta waisya dan sudra
C.     raja Kediri mengurangi hak-hak kaum brahmana
D.     adanya penyelewengan terhadap ajaran agama
E.      para prajurit dilarang mempelajari kitab Weda

17.  Apa hubungan Ken Arok dengan kerajaan Singhasari ? Ken Arok adalah ... .
A.     pembawa kutukan keris di kerajaan Singhasari
B.      pendiri dan raja pertama dari kerajaan Singhasari
C.     raja yang membawa Singhasari ke puncak kejayaan
D.     tokoh yang merebut Singhasari dari Tunggul Ametung
E.      pelindung kerajaan Singhasari dari serangan bangsa lain

18.  Mengapa terjadi pembunuhan berantai raja-raja kerajaan Singhasari ? Karena ... .
A.     perebutan tahta kerajaan (kekuasaan)
B.      adanya kutukan keris Mpu Gandring
C.     kegagalan serangan ke negeri Melayu
D.     dendam terbunuhnya Tunggul Ametung
E.      ingin memperebutkan putri Ken Dedes

19.  Salah satu keunikan/kekhasan kerajaan Majapahit adalah adanya ide penyatuan wilayah nusantara yang berupa ... .
A.     penyatuan semua agama menjadi satu agama
B.      Amukti Palapa dari Mahapatih Gajah Mada
C.     pernikahan Hayam Wuruk dengan banyak putri
D.     ekspedisi militer ke seluruh wilayah nusantara
E.      pemasyarakatan ide tentang wawasan nusantara

20.  Kerajaan Majapahit runtuh karena ... .
A.     serangan bangsa lain                                     D.   meninggalnya Hayam Wuruk
B.      pemberontakan                                            E.    mundurnya Gajah Mada
C.     perang saudara

21.  Pemerintahan Pajajaran berbentuk ... .
A.     parlementer                                                  D.   kerajaan
B.      sentralisasi                                                    E.    desentralisasi
C.     presidentil

22.  Perang Bubat terjadi karena ... .
A.     Prabu Maharaja tidak bersedia menikahkan putrinya pada Hayam Wuruk
B.      serangan besar-besaran pasukan Majapahit pada perkemahan Pajajaran
C.     raja Pajajaran memiliki maksud menguasai seluruh wilayah nusantara
D.     raja Pajajaran membawa pasukan yang lengkap ke wilayah Majapahit
E.      Gajah Mada menginginkan putri Sunda dipersembahkan sebagai upeti

23.  Apa corak agama kerajaan Buleleng (Bali) ?
A.     Mahayana                                                     D.   Hindu
B.      Hinayana                                                      E.    Budha
C.     Tantrayana

24.  Mata pencaharian utama masyarakat Buleleng (Bali) adalah ... .
A.     pemburu                                                        D.   nelayan
B.      prajurit                                                          E.    pedagang
C.     petani

25.  Kelompok Candi Roro Jongrang di desa Prambanan, disusun sedemikian, sehingga candi induk untuk Siwa yang memiliki 3 patung Siwa dan 1 patung Dewi Durga diapit oleh candi-candi untuk Brahma dan Wisnu dan beberapa candi perwara lainnya merupakan pusat kelompok yang dikelilingi oleh lebih dari 200 buah candi perwara yang tersusun menjadi 4 baris.
Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa Candi Loro Jongrang (Prambanan) merupakan candi Hindu  ... .
A.     yang mengutamakan Dewa Siwa
B.      tempat menyembah dewa Trimurti
C.     tempat penguburan Dewi Roro Jongrang
D.     yang berhubungan dengan kematian
E.      yang terbesar di wilayah Asia

26.  Perhatikan pernyataan berikut ini !
-       Telah ada hubungan dagang antara Arab dengan Cina sejak abad ke-7.
-       Dalam Islam semua orang dapat menguasai dan mengajarkan agama Islam.
Dari fakta-fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui para ... .
A.     pendakwah                                                   D.   ulama Arab
B.      pedagang                                                      E.    bangsawan
C.     missionaris

27.  Salah satu alasan agama Islam dapat berkembang pesat di Indonesia adalah bahwa ... .
A.     kerajaan-kerajaan yang bercorak Budha mengalami keruntuhan
B.      Islam merupakan agama baru yang menarik perhatian penduduk
C.     telah terjadi akulturasi kebudayaan Hindu dengan budaya Eropa
D.     Islam tidak membeda-bedakan seseorang berdasarkan kedudukan
E.      raja-raja telah menetapkan Islam sebagai agama negara (kerajaan)

28.  Akulturasi kebudayaan Indonesia-Hindu dengan kebudayaan Islam dalam seni bangunan tampak pada ... .
A.     menara Mesjid Banten yang berbentuk mercusuar
B.      adanya kentongan dan bedug pada bangunan mesjid
C.     penggunaan kubah yang berbentuk setengah lingkaran
D.     kolam besar di tengah halaman Mesjid Raya Banda Aceh
E.      menara Mesjid Kudus yang bentuknya mirip bangunan candi

29.  Akulturasi kebudayaan Indonesia-Hindu dengan Islam dalam seni rupa tampak pada ... .
A.     ukiran Huruf Arab pada bangunan mesjid
B.      lukisan-lukisan para wali atau tokoh Islam
C.     pematungan beberapa hewan dan tumbuhan
D.     pembuatan kaligrafi yang mirip makhluk hidup
E.      teknik pewarnaan yang didominasi warna hijau

30.  Sumber perekonomian Kerajaan Samudera Pasai selain perdagangan adalah ... .
A.     pajak dari kapal yang singgah                     D.   pertanian (beras dan gula)
B.      penyewaan gudang untuk barang                E.    penggunaan mata uang perak
C.     penginapan para pedagang asing

31.  Penyebab runtuhnya Kerajaan Demak adalah ... .
A.     pemberontakan raja Mataram                     D.   dipecah belah oleh Belanda
B.      serangan dari kerajaan Banten                     E.    raja dipilih dan ditentukan VOC
C.     perebutan tahta kerajaan

32.  Di Kerajaan Banten terjadi akulturasi budaya Islam dengan Eropa. Hal tersebut tampak pada ...
A.     adanya kentongan pada bangunan mesjid
B.      penggunaan kubah setengah lingkaran
C.     menara mesjid yang mirip mercusuar
D.     atap mesjid berbentuk atap tumpang
E.      adanya meriam di halaman mesjid

33.  Pecahnya Kerajaan Mataram (Islam) menjadi beberapa kerajaan kecil berhubungan dengan politik Belanda di nusantara berupa ... .
A.     Pax Nederlandica                                            
B.      Devide Et Impera                                            
C.     Monopoli perdagangan
D.  Vini, Vidi, Vici
E.  Kolonialisme

34.  Akulturasi budaya Islam dengan budaya Jawa terjadi pada Kerajaan Mataram dalam bentuk ... .
A.     penggunaan pakaian adat                               D.  pembuatan banguan mesjid
B.      penetapan kalender Jawa                               E.  perayaan Hari Raya Idul Adha
C.     penyusunan Kitab Gending

35.  Persatuan Kerajaan Goa dan Tallo dikatakan unik karena ...
A.     membentuk satu kerajaan yang baru
B.      dipimpin oleh raja yang paling muda
C.     kedua kerajaan tetap memiliki otonomi
D.     menjadi kerajaan Islam pertama di Sulawesi
E.      tidak bermusuhan dengan Belanda (VOC)

36.  Ciri utama perekonomian kerajaan Ternate dan Tidore adalah ... .
A.     bandar transito                                               D.  mata uang logam
B.      ekonomi maritim                                             E.   pajak hasil pertanian
C.     ekonomi agraris

37.  Salah satu nilai penting yang dapat kita ambil dari kehidupan sosial kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam untuk kehidupan sekarang ini adalah ...
A.     toleransi antar umat beragama
B.      pajak hanya untuk orang-orang kaya
C.     zakat menjadi sumber keuangan negara
D.     akulturasi dengan budaya non-Islam
E.      sikap raja yang lebih demokratis

38.  Beberapa ahli menafsirkan bahwa agama dan kebudayaan Islam diperkirakan telah masuk ke wilayah Indonesia pada abad ke-7 Masehi. Pendapat tersebut didasarkan pada bukti-bukti yang ada, diantaranya adalah ... .
A.     jalur perdagangan internasional melalui jalan darat di wilayah Indonesia telah ramai
B.      penemuan makam Sultan Malik As Salih yang berangka tahun 696 H atau 1297 M
C.     pada masa itu telah ada perkampungan tempat tinggal pedagang Arab di Sriwijaya
D.     berita dari Marcopolo yang berkunjung ke daerah Perlak pada sekitar tahun 1292 M.
E.      munculnya Malaka sebagai pusat pelayaran dan perdagangan kaum muslim

39.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini.
-    Ibn Battuthah yang datang ke ibukota Kerajaan Pasai semasa pemerintahan Sultan Malik al Dhahir menceritakan bahwa Sultan dikelilingi oleh ulama dan mubaligh Islam dan ia sangat menggemari diskusi mengenai masalah-masalah keagamaan.
-    Beberapa pusat penyebaran Islam di Jawa adalah pusat pengembangan dan penyebaran Islam. Pesantren Sunan Giri menerima para murid yang berasal dari luar Jawa, seperti Sultan Zainal Abidin dari Ternate dan Muris dari Kalimantan.
(Taufik Abdullah, dkk (1991) : 110)
Kedua pernyataan tersebut menunjukkan bahwa pada masa kerajaan-kerajaan Islam ... .
  1. peran ulama sangat penting dalam pengambilan keputusan kerajaan
  2. masalah keagamaan didiskusikan hanya oleh para mubaligh kerajaan
  3. pesantren di Pulau Jawa didominasi oleh santri dari Ternate dan Kalimantan
  4. para ulama dari Pulau Jawa berperan di Sumatera, Ternate, dan Kalimantan
  5. telah terbentuk suatu jaringan intelektual keagamaan di kepulauan Indonesia

40.  Perhatikan pernyataan berikut ini.
Pada umumnya, kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara dapat dikatakan sebagai kerajaan Maritim, karena pusat-pusat kekuasaannya berada di kota-kota pelabuhan. Pusat-usat kekuasaan di kota-kota pelabuhan mempunyai peranan penting dalam mengembangkan ekonomi kerajaan, karena ia juga berfungsi sebagai pasar.
(Taufik Abdullah, dkk (1991) : 112)
Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa pada masa kerajaan-kerajaan Islam ... .
  1. telah terbentuk suatu jaringan ekonomi Islam di kepulauan Indonesia
  2. ibukota-ibukota kerajaan dibangun jauh dari pelabuhan agar aman
  3. pengembangan kegiatan ekonomi difokuskan pada pertanian padi
  4. kota-kota pelabuhan menjadi sarana penyebaran agama Islam
  5. raja mengutamakan pendirian pasar di wilayah kerajaannya

41.  Pelayaran dan perdagangan antar pulau pada abad ke-16 s.d. abad ke-19 disebut sebagai faktor pendukung proses integrasi bangsa Indonesia karena ... .
A.       para pedagang dapat tinggal lama di mana saja
B.        mempercepat terjadinya kontak antar kebudayaan
C.        setiap pulau memiliki kebudayaan yang berbeda
D.       menggunakan bahasa Melayu sebagai lingua franca
E.        mempermudah perpindahan penduduk antar pulau

42.  Mengapa Islam menjadi salah satu faktor penting dalam proses integrasi bangsa Indonesia pada abad ke-16 s.d. abad ke 19 ? Karena ... .
A.     kerajaan-kerajaan Islam di nusantara menyusun peraturan hukum.
B.      penyebaran Islam dilakukan oleh para pegawai istana secara paksa.
C.     Islam mengajarkan bahwa semua penganut Islam adalah saudara.
D.     kegiatan keagamaan Islam harus selalu dilakukan bersama-sama.
E.      penganut Islam tersebar di seluruh wilayah Indonesia/nusantara.

43.  Budaya Islam telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan bangsa Indonsia. Namun dalam perkembangannya, pola dasar kebudayaan setempat yang tradisional masih tetap kuat, sehingga terdapat suatu bentuk perpaduan seni tradisional (asli) Indonesia dengan budaya Islam.
Uraikan wujud akulturasi kebudayaan Indonesia dengan Islam dalam seni bangunan (arsitektur mesjid) Indonesia, pada :
a.       Letak geografis mesjid
b.      Bentuk atap mesjid
 (Skor maksimal 4)

44.  Akulturasi kebudayaan Hindu dan Islam dapat dilihat dari bangunan sebuah mesjid yang bentuknya seperti kuil dan pintu-pintu gerbangnya seperti candi, di kota  ... .
Jepara                                                                   D.     Gresik
Kudus                                                                   E.      Tuban
Rembang

45.  Faktor apakah yang menyebabkan Kerajaan Aceh mengalami kemunduran pada abad ke-17 ?
A.     Sepeninggal Iskandar Muda, Kerajaan Aceh mengalami kelemahan di bidang pemerintahan
B.      Adanya pertikaian yang berkembang antara golongan bangsawan dengan ulama di Kerajaan Aceh
C.     Adanya upaya monopoli perdagangan yang dilakukan VOC
D.     Belanda melakukan penyerangan di pelabuhan-pelabuhan dagang Aceh
E.      Adanya gerakan perlawanan yang dilakukan Kerajaan Johor dan Penang untuk melepaskan diri dari pengaruh Aceh

46.  Dalam teori Brahmana, penyebaran agama Hindu di Indonesia dilakukan oleh kaum Brahmana, karena kaum Brahmana ... .
A.     yang merintis jalan ke Indonesia
B.      memerintahkan para ksatria untuk menduduki Indonesia
C.     yang mengetahui ajaran agama Hindu
D.     turut berlayar untuk menjaga keselamatan para pedagang
E.      diundang oleh kepala suku untuk mengajarkan agama Hindu

47.  Menurut teori Waisya, masuknya kebudayaan Hindu ke Indonesia dibawa oleh ... .
A.     Kaum Brahmana
B.      Golongan Ksatria
C.     Golongan Pedagang
D.     Kaum Sudra
E.      Golongan Paria

48.  Masuknya unsur budaya India ke Indonesia menyebabkan ... .
A.     hilangnya kebudayaan Indonesia
B.      kebudayaan Indonesia tidak kehilangan kepribadiannya
C.     kebudayaan India mempengaruhi kebudayaan Indonesia
D.     hilangnya kepribadian asli kebudayaan Indonesia
E.      kebudayaan India mendominasi kebudayaan Indonesia

49.  Kebudayaan Hindu dengan mudah diterima rakyat nusantara karena ... .
A.     adanya hubungan Indonesia dan India
B.      dasar-dasar kebudayaan Hindu sudah dimiliki rakyat nusantara
C.     usaha rakyat nusantara mengembangkan tingkat peradabannya
D.     rakyat nusantara mempunyai sifat terbuka dalam menerima budaya asing
E.      adanya persamaan kebudayaan Hindu dengan kebudayaan nusantara

50.  Sejak permulaan abad pertama tarikh Masehi telah terjalin hubungan antara Indonesia dan India. Hal itu disebabkan  ... .
A.     Letak Indonesia di tengah-tengah jalur pelayaran perdagangan
B.      Kerajaan-kerajaan besar India memperluas wilayah kekuasaannya sampai ke Indonesia
C.     Banyak pedagang-pedagang India yang langsung membeli hasil bumi Indonesia
D.     Pedagang-pedagang Indonesia banyak yang singgah di India
E.      Adanya persamaan antara Indonesia dan India

51.  Salah satu bukti bangsa Indonesia telah mendapat  pengaruh budaya Hindu-Budha adalah adanya ... .
A.     bangunan agama setengah bola pada pantunnya.
B.      munculnya animisme dan dinamisme
C.     adanya pemerintahan berbentuk kerajaan
D.     adanya karya sastra berisi filsafat etika
E.      adanya pola masyarakat mocopat.

52.  Kerajaan Melayu dimasukkan dalam kekuasaan Sriwijaya dengan tujuan untuk  ... .
A.     melindungi masyarakat Melayu
B.      sebagai kerajaan nasional Indonesia
C.     mengembangkan Kerajaan Sriwijaya
D.     membuka jalur perdagangan daratan Sumatera
E.      memperkuat kedudukan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim

53.  Salah satu faktor  terpenting yang menyebabkan tidak semua kebudayaan India diserap oleh bangsa Indonesia adalah dimilikinya kepandaian setempat.  Dengan hal ini, bangsa Indonesia mampu menyeleksi pengaruh kebudayaan India dan kemudian disesuaikan dengan kebudayaan setempat. Hal ini disebut dengan ... .
A.     local intelegent
B.      toleransi
C.     sinkritisme
D.     akulturasi
E.      local genius

54.  Faktor pendorong semakin cepatnya agama Islam menyebar di Indonesia pada abad ke-13 s.d. 16 adalah sebagai berikut, kecuali  ... .
A.     relatif tidak mendapat tantangan dari penguasa Hindu-Budha
B.      ajarannya lebih demokratis dibanding dengan agama Hindu-Budha
C.     berkembangnya perdagangan antar pulau di kawasan nusantara
D.     pendekatan budaya yang dilakukan para wali dalam penyebarannya
E.      masuk dan berkembangnya agama Islam bersamaan dengan agama Hindu-Budha

55.  Perang saudara di lingkungan Kerajaan Majapahit, seperti Perang Paregreg antara Wirabhumi yang tidak puas dengan pengangkatan Suhita menjadi raja menggantikan Wikrama Wardhani, mendorong terjadinya kemunduran kerajaan Majapahit. Perang saudara tersebut berakibat  ... .
A.     tidak ada pembentukan pimpinan baru yang cakap
B.      meninggalnya Gajah Mada akibat peristiwa tersebut
C.     banyak daerah bawahan yang melepaskan diri
D.     masuk dan tersiarnya agama Islam di wilayah Majapahit
E.      banyak munculnya kerajaan-kerajaan Islam

56.  Salah satu contoh tradisi Hindu yang masih bertahan dan diterapkan dalam kehidupan masyarakat heterogen di Indonesia saat ini adalah  ... .
A.     upacara pembakaran mayat (Ngaben)
B.      upacara membawa sesaji ke sawah
C.     tradisi penyerahan sesaji ke pura
D.     peringatan Hari Raya Nyepi
E.      upacara penyembahan Dewa Brahma

57.  Di bawah ini adalah perubahan yang muncul akibat masuknya Hinduisme ke Indonesia, ditandai dengan lahirnya .............., kecuali  ... .
A.     kasta
B.      kerajaan
C.     sistem kesukuan
D.     sinkretisme budaya
E.      budaya Hindu-Budha

58.  Pada masa akhir pemerintahan Airlangga, Kerajaan Medang Kamulan dibagi menjadi dua kerajaan dengan tujuan  ... .
A.     wilayah kerajaan yang terlalu luas
B.      mempermudah pengawasan wilayah kekuasaannya
C.     ingin mensejahterakan kehidupan rakyatnya
D.     menghindari terjadinya perang saudara
E.      menghindari terjadinya serangan dari Sriwijaya

59.  Salah satu pengaruh agama dan kebudayaan Islam di Indonesia adalah  ... .
A.     berkembangnya huruf kaligrafi
B.      berkembangnya Huruf Arab dan Bahasa Melayu
C.     terjadinya akulturasi antara kebudayaan Islam dengan Indonesia asli
D.     banyak beredarnya Kitab Suci Al Qur-an
E.      banyak dibangun mesjid sebagai tempat ibadah umat Islam

60.  Salah satu bukti pertama masuknya Islam ke Indonesia adalah ditemukannya ... .
A.     makam Sultan Malik As Shaleh di Samudra Pasai berangka tahun 1297
B.      makam Rd. Fatah di Demak berangka tahun 1400
C.     makam Sultan Agung di Mataram berangka tahun 1645
D.     makam Sultan Ageng Tirtayasa di Banten
E.      Makam Sunan Kalijaga

61.  Perdagangan dan pelayaran memiliki kaitan yang sangat penting bagi proses penyebaran agama dan kebudayaan Islam di Indonesia, karena perdagangan dan pelayaran ... .
A.     adalah modal utama yang dimiliki para penyebar Islam di Indonesia
B.      memiliki karakteristik khusus dalam proses penyebaran Islam di Indonesia
C.     secara umum dimiliki para petualang yang singgah di Indonesia
D.     adalah bagian dari proses pewarisan masa lalu
E.      adalah bagian rutin dalam proses perjalanan para petualang

62.  Faktor utama yang menyebabkan Islam dapat diterima dan berkembang pesat di Indonesia adalah  ... .
A.     telah disesuaikan dengan alam pikiran Indonesia
B.      ajarannya telah disesuaikan dengan agama Hindu
C.     masyarakat Indonesia bersifat terbuka
D.     Kerajaan Majapahit melindungi seluruh agama
E.      sistem kasta pada ajaran Hindu disesuaikan dengan ajaran Islam

63.  Perhatikan argumen berikut ini.
“Tidak ada satu prasastipun yang menunjukkan adanya peperangan antara prajurit India dengan rakyat Indonesia. Begitu juga dengan lambang kemenangan prajurit India dalam peperangan tersebut, tidak kita dapatkan.”
Argumen tersebut melemahkan hipotesis masuknya Hindu-Budha ke Indonesia, yakni hipotesis ... .
A.     Brahmana
B.      Ksatria
C.     Waisya
D.     Sudra
E.      Arus Balik

64.  Dalam proses penyebaran Islam di pulau Jawa, Wali Songo telah memiliki peranan yang besar dalam penyebaran agama Islam melalui proses akulturasi kebudayaan Islam Jawa.
A.     Adanya persamaan antara nilai-nilai budaya Jawa dan Islam
B.      Struktur pemerintahan masyarakat Jawa yang kuat dalam bentuk Islam
C.     Sistem ekonomi pedalaman Jawa didasarkan pada ekonomi feodal agraris
D.     Berkembangnya kerajaan masyarakat Jawa untuk memeluk Islam yang harus merubah pola-pola kebudayaan Jawa yang kuat
E.      Kebudayaan masyarakat Jawa dipengaruhi oleh nilai-nilai Hindu

65.  Pada masa pemerintahan Raja Kertajaya, Kerajaan Kediri mengalami masa surut. Hal ini disebabkan ... .
A.     Raja Kertajaya mengurangi hak-hak kaum Brahmana
B.      Kaum Brahmana meminta bantuan Tumapel
C.     Kaum Brahmana semakin tidak aman
D.     Kaum Brahmana banyak yang dipenjara
E.      Raja Kediri banyak yang tidak disukai oleh kerajaan lain.